Selasa, 01 Agustus 2017

Inilah Cara Mengatasi Loading Blog Dengan Menggunakan Code Javascript

RAFANI.NET | - Hallo... Apa kabar semuanya. Lama kita tidak berjumpa yah. Saya juga sudah lama tidak memposting dalam blog kesayangan kita ini. Terakhir gua memposting tahun kemarin (Desember 2014) , padahal sekarang sudah selesai bulan Februari 2015. Dua bulan juga yah.... wah wah wah... Gimana kabar Anda sekalian kawan-kawan . Semoga dalam keadaan sehat dan baik-baik saja toh. Amin....

Inilah Cara Mengatasi Loading Blog Dengan Menggunakan Code Javascript

Kali ini gua ingin mengembangkan perihal Cara Mengatasi Loading Blog Dengan Menggunakan Code Javascript. Awalnya goresan pena ini gua buat saat membuat blog gres dan memakai template blog gratisan dari hasil pencarian di google. Lumayan juga tampilan template blog tersebut. Walau sudah jadul tapi simpel dan terlihat elegan , kebenaran template blog tersebut hasil karya dari Mas Kolis (trims ya Mas Kolis). Mau tahu nama blog yang gres saja buat itu? Batak Network. Kawan-kawan mampu pribadi berkunjung ke blog gua yang gres itu. Ini linknya: http://batak-network.blogspot.com. (Hehehehe jadi promosi deh...).

Kembali kepada topik. Mungkin Anda bertanya kenapa kita harus Mengatasi Loading Blog Dengan Menggunakan Code Javascript? Jawabannya sangat simpel.

Begini ceritanya , jikalau Anda dan gua memakai sebuah template blog (apalagi template tersebut gratisan , menyerupai gua menggunakannya) dengan menggunakan banyak script yang disimpan di Google Code (atau Media sejenisnya) oleh si pembuat template , pastinya tidak hanya Anda yang memakai template tersebut. Bisa sahabat anda , atau pengguna lain yang memakai template blog yang sama. Bayangkan jikalau anda dan pengguna lainnya menggunakan template yang sama di muka bumi ini , apalagi secara bersamaan , maka betapa beratnya loading blog yang kita kelola tersebut. Oleh alasannya ialah itu , kita harus mengambil Code Script yang ada di template blog tsb dan menyimpannya di sebuah daerah menyerupai Google Code (atau Media sejenisnya) khusus untuk kita pribadi. Artinya , template blog yang kita gunakan sekarang hanya kita sendiri yang memakai Code Script tsb.

Alasan lainnya , terkadang Code Script yang dibuat oleh pembuat template tsb kemungkinan rentan rusak atau overload (bisa jadi alasannya ialah banyak yang memakai) maka salah satu mencegahnya ialah dengan mengambil dan menyimpannya di sebuah daerah menyerupai Google Code (atau Media sejenisnya) khusus untuk kita pribadi.

Sudah paham maksudnya bukan? Belum paham juga?

Contohnya begini , bila anda menemukan Kode Script menyerupai di bawah ini:
<script src='http://yourjavascript.com/218437117/halamanav.js' type='text/javascript'/>
atau
<script src='http://bostuts.googlecode.com/files/related-post.js' type='text/javascript'/>
atau lainnya.
Lihat link yang berwarna merah di atas , itulah link code script yang harus kita ambil dan menyimpannya kembali ketempat yang kita inginkan lalu menggantinya dengan link yang gres saja kita buat.

Bagaimana Caranya? Simak selanjutnya di bawah ini.

Inilah Cara Mengatasi Loading Blog Dengan Menggunakan Code Javascript
Perlu Anda ketahui , ada beberapa situs yang menyediakan daerah penyimpanan (hosting) Kode-Kode HTML atau Code Javascript. Semua tergantung pilihan anda. Google sendiri memiliki Google Drive atau Google Code. Pada postingan kali ini , gua hanya menyarankan untuk menggunkana situs lain , yaitu: http://yourjavascript.com/.

Langkah-langkahnya:
Cara Pertama
1. Seperti biasa , bukalah Akun Blog Saudara.
2. Masuklah ke elemen Template. Lalu Klik Edit HTML
3. Carilah link yang berekstension .JS (lihat referensi Kode Script di atas) - Gunakan CTRL + F
4. Apabila sudah anda temukan , maka Copylah Link yang berekstension .JS
5. Bukalah TAP gres pada Browser Internet Anda (Lihat Gambar di bawah)

Inilah Cara Mengatasi Loading Blog Dengan Menggunakan Code Javascript

6. Lihat tab gres tsb apakah ada yang muncul atau tidak. Bila tidak ada yang muncul , itu artinya link yang anda copas tadi telah tersimpan filenya (lihat sebelah kiri pojok bila anda menggunkan Google Chrome , atau kanan atas tanda panah bila anda menggunakan Mozilla)

7. Bila link yang berekstension .JS tsb , muncul instruksi script di halaman browser anda , maka anda harus mencopasnya ke aplikasi NOTEPAD. Lalu simpanlah file yang di Notepad dengan extensi .JS (nama filenya terserah anda yang penting extensinya harus .JS) (Lihat gambar di bawah ini)

Inilah Cara Mengatasi Loading Blog Dengan Menggunakan Code Javascript

Inilah Cara Mengatasi Loading Blog Dengan Menggunakan Code Javascript

Catatan:
  • Ketika Anda menyimpan File yang di Notepad , jangan lupa untuk menulis NAMAFILE.JS pada nama filenya.
  • Ingatlah dimana anda menyimpan file tersebut. Karena masih ada langkah selanjutnya.

Langkah Kedua
1. Setelah Anda melaksanakan langkah pertama di atas , maka selanjutnya kita beralih ke langkah kedua.
2. Bukalah Tab gres dan bukalah situs http://yourjavascript.com/ (Lihat gambar di bawah ini)

Inilah Cara Mengatasi Loading Blog Dengan Menggunakan Code Javascript

3. Uploadlah File yang anda buat pada langkah pertama di atas ,
4. Isilah email anda
5. Masukkan Kode chapca yang tertera
6. Klik UPLOAD
7. Akan ada muncul kotak gres , dimana Anda akan disuruh untuk mebuka email anda
8. Bukalah email yang anda masukkan tadi dan lihat kotak Inbox pada email anda.
9. Salinlah instruksi gres yang diberikan oleh http://yourjavascript.com/ melalui email anda tadi

Contoh:
<script src='http://yourjavascript.com/218437118/halamanav.js' type='text/javascript'/>

Langkah ketiga
1. Setelah Anda mendapatkan email dari http://yourjavascript.com/ dan anda telah menyalin Alamat / Link gres yang diberikan , (lihat goresan pena alamat link yang warna merah di atas - No 9. langkah kedua) maka anda harus beralih ke blog anda.
2. Blog anda masih posisi Langkah Pertama (blog anda belum anda tutup / masih dalam keadaan Elemen Template - Edit HTML. maka gantilah Kode lama dengan instruksi yang gres anda buat.
3. Simpan template Anda
4. Selesai dan lihat hasilnya.

Demikianlah postingan kali ini di awal 2015 mengenai "Inilah Cara Mengatasi Loading Blog Dengan Menggunakan Code Javascript". Selamat mencoba dan supaya bermanfaat. Salam blogger , Salan Sukses , BosTuts.


EmoticonEmoticon