Selasa, 01 Agustus 2017

Inilah Tips Keamanan Perbankan Versi Bank BCA

RAFANI.NET | - Selamat Datang di Situs perihal dunia blogger dan teknologi. Selamat berjumpa kembali. Kali ini , kita akan diskusi perihal Tips Keamanan Perbankan Versi Bank BCA. Berawal dari membuka situs KLIKBCAdotcom , saya membaca sebuah artikel perihal himbauan biar berhati-hati dalam melaksanakan transaksi. Kenapa saya tertarik dengan artikel tsb , karena sebagian blogger sudah tidak abnormal lagi situs KLIK BCA yang popuer tsb. Sebagai embel-embel bahwa artikel ini saya paparkan kembali kehadapan saudara-saudara biar mampu lebih berhati-hati dalam menggunakan Sistem Perbangkan. Mari simak di bawah ini.

Inilah Tips Keamanan Perbankan Versi Bank BCA
Foto: Capture dari www.bca.co.id

Inilah Tips Keamanan Perbankan Versi Bank BCA

Kami memahami bahwa histori perbankan Anda ialah penting dan begitu personal. Dengan BCA , transaksi perbankan ditangani eksklusif oleh para ahli. Selalu menjadi janji bagi BCA , untuk menjaga segala bentuk transaksi perbankan para nasabahnya. Bersama BCA , transaksi perbankan Anda berada di tangan yang tepat.

Waspadai Bahaya Phising!!
Phising ialah cara-cara penipuan yang dilakukan oleh pihak-pihak tertentu untuk mendapatkan informasi-informasi rahasia seorang nasabah menyerupai User ID dan PIN. Ada beberapa cara antara lain :
  • Membuat situs palsu yang memiliki alamat dan tampilan menyerupai dengan situs resmi milik bank
  • Mengirim URL link ke situs yang dibuat semirip mungkin dengan situs resmi milik bank namun ternyata palsu
  • Mengirim email atau BBM yang berisi URL link atau login screen dan meminta nasabah melaksanakan login dengan memasukkan User ID dan PIN
  • Berpura-pura sebagai seseorang dari pihak bank dan meminta data-data nasabah dengan alasan-alasan tertentu

Kiat-kiat pengamanan:
  • Pastikan Anda mengakses Internet Banking BCA melalui alamat resmi situs KlikBCA di http://www.klikbca.com dan klik tombol LOGIN atau eksklusif ke halaman login Internet Banking BCA di https://ibank.klikbca.com atau kalau susukan via smartphone ke https://m.klikbca.com
  • Untuk menghindari kesalahan penulisan alamat situs KlikBCA , simpan alamat situs pada menu favorites atau bookmarks. Sehingga untuk selanjutnya kalau Anda ingin mengakses Internet Banking BCA , cukup memilih dari menu favorites atau bookmarks
  • Perlu diketahui bahwa BCA tidak pernah mengirim email menyerupai yang dijelaskan diatas kepada nasabah. Apabila Anda mendapatkan email semacam itu yang kelihatannya berasal dari BCA , yang sebaiknya Anda lakukan adalah:
    1. Meneruskan (forward) email tersebut ke [email protected] atau menginformasikan ke Halo BCA pada nomor 1500888.
    2. Menghapus email tersebut.
  • Apabila Anda terlanjur mengisi informasi yang diminta atau merasa bahwa User ID dan PIN Anda sudah tidak rahasia lagi , segera hubungi Halo BCA pada nomor 1500888.

Tips Bertransaksi Aman di Internet Banking
Demi kenyamanan dan keamanan Anda dalam bertransaksi di Internet Banking BCA , berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan:
  • KeyBCA hanya digunakan untuk acara berikut:
    1. melakukan transaksi finansial: transfer , pembayaran , pembayaran e-commerce , dan pembelian.
    2. mendaftarkan rekening tujuan transfer , mengubah alamat email , registrasi inquiry kartu kredit BCA , tambah/hapus koneksi KeyBCA , aktivasi KeyBCA , dan aktivasi BCA KlikPay.
  • BCA tidak pernah meminta memasukkan angka/respon dari KeyBCA diluar dari transaksi yang disebutkan di atas. Jika Anda mendapatkan layar untuk memasukkan angka dari KeyBCA di luar dari transaksi yang disebutkan di atas , segera Hubungi Halo BCA pada nomor 1500888.
  • Jangan meminjamkan , memindahtangankan KeyBCA serta memberitahukan PIN KeyBCA Anda kepada orang lain.
  • Periksa daftar rekening tujuan transfer secara berkala. Anda dapat menghapus rekening tujuan yang sudah tidak diharapkan pada menu Administrasi - Hapus Daftar Transfer.
  • Pada ketika melaksanakan transaksi transfer , pastikan bahwa nama dan nomor rekening tujuan akseptor transfer ialah benar.
  • Pastikan Anda mengakses Internet Banking BCA melalui alamat resmi situs KlikBCA di http://www.klikbca.com dan klik tombol LOGIN atau eksklusif ke halaman login Internet Banking BCA di https://ibank.klikbca.com atau susukan ke https://m.klikbca.com dari browser smartphone , serta dapat juga diakses KlikBCA via menu pada BCA mobile.
  • Untuk menghindari kesalahan penulisan alamat situs KlikBCA , simpan alamat situs pada menu favorites atau bookmarks , sehingga untuk selanjutnya kalau Anda ingin mengakses Internet Banking BCA , cukup memilih dari menu favorites atau bookmarks
  • Periksa akta SSL untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan akta SSL yang sah yang telah terdaftar untuk ibank.klikbca.com atau m.klikbca.com
  • Pastikan bahwa pada browser Anda terdapat gambar gembok/kunci yang mengindikasikan bahwa halaman yang Anda susukan ketika ini dienkripsi dengan menggunakan SSL. Jika Anda tidak melihat gambar gembok/kunci , dimohon Anda untuk logout.
  • Pastikan bahwa Anda telah logout ketika meninggalkan komputer Anda meskipun hanya sesaat.
  • Sebaiknya Anda tidak mengakses internet banking BCA di warnet atau jaringan yang tidak dapat dipastikan keamanannya.
  • Waspadai upaya penipuan dari oknum yang mengatakan sebagai petugas bank/petugas BCA melalui telepon , faks atau email , yang menanyakan data pribadi , termasuk PIN Internet Banking dan PIN KeyBCA. Karena petugas BCA tidak akan meminta atau menanyakan nomor PIN.
  • Mengganti PIN secara bersiklus dengan kombinasi angka yang unik dan sulit ditebak oleh orang lain
  • Apabila Anda mendapatkan pesan yang menjelaskan bahwa akta tidak sah , dimohon Anda tidak melanjutkan susukan internet banking BCA dan segera hubungi Halo BCA pada nomor 1500888.

Hati-Hati Virus/Worm , Trojan , Spyware , dan Bot

Virus / Worm
Virus/worm ialah program-program komputer yang dapat membuatkan dirinya dari satu komputer ke komputer lain tanpa sepengetahuan pemilik komputer. Virus/worm dapat merusak sistem operasi , aplikasi dan data di komputer yang terinfeksi.

Perbedaan virus dengan worm terdapat di cara penyebarannya. Virus menempati ruangan dalam media penyimpanan (misalnya , melekat pada file atau tersimpan dalam boot sector hard disk) dan umumnya menyebar melalui USB flash disk , lampiran (attachment) email , berkas (file) yang diunduh dari internet , maupun melalui kunjungan ke halaman website yang sengaja dibuat untuk membuatkan virus. Sedangkan worm menyebar melalui jaringan. Ada juga agenda gabungan antara virus dan worm , yaitu tersimpan di media penyimpanan namun menyebar melalui jaringan.

Beberapa rujukan dampak dari nanah virus/worm:
  • Komputer menjadi tidak stabil dan sering 'hang' (macet)
  • Komputer menjadi lambat
  • Data di harddisk dirusak atau dikirim ke pihak lain melalui jaringan
  • Program aplikasi tidak dapat digunakan
  • Password yang diketik di keyboard dapat disadap dan dikirim ke pihak lain untuk tujuan penipuan

Trojan
Trojan ialah sejenis virus yang menyamar sebagai berkas lain yang aman , misalnya dokumen Excel yang terlampir pada email. Pengguna komputer ditipu untuk melaksanakan tindakan yang dapat membuatkan trojan , misalnya membuka lampiran itu karena menerka itu ialah file Excel biasa padahal bekerjsama berisi agenda trojan.

Setelah berhasil menginfeksi komputer , trojan dapat bertindak merusak menyerupai virus lain atau mengirim informasi penting , termasuk User ID dan password , ke pihak lain tanpa sepengetahuan pemakai komputer yang terinfeksi.

Spyware
Spyware ialah sejenis komputer agenda yang dibuat untuk 'mencuri' informasi-informasi penting/Pribadi dari komputer yang terinfeksi dan mengirimnya ke lokasi tertentu di internet untuk kemudian diambil oleh pembuatnya. Informasi yang menjadi target utama contohnya: nomor kartu kredit , User ID dan PIN/password , nomor rekening , alamat email , dan lain-lain.

Spyware dapat ter-install melalui email attachment , agenda yang di-install dari sumber-sumber yang tidak terang , ataupun oleh website yang 'jahat'.

Namun , berbeda dengan virus yang sifatnya lebih merusak , spyware bekerja secara rahasia biar tidak terlacak sehingga lebih mudah mengumpulkan informasi yang diinginkan sang pembuat/penyebar spyware.

Bot (roBot)
Bot ialah sejenis komputer agenda yang dapat menjadikan komputer dikontrol oleh orang lain secara remote melalui jaringan. Sang pembuat/penyebar Bot akan dapat melaksanakan apa saja dengan komputer Anda.

Umumnya komputer yang telah terkontrol digunakan untuk mengirim Spam , Virus , Worm atau untuk menyerang komputer-komputer lain.

Kiat-kiat pengamanan:
  • Gunakan anti-virus ter-update di komputer anda , dan pastikan bahwa komputer anda di-scan secara real-time.
  • Hapus email yang mencurigakan atau yang datang dari pengirim yang tidak dikenal , dan scan email attachment sebelum dibuka.
  • Gunakan firewall pada komputer anda dan pastikan bahwa pengaturan firewall tersebut dapat mengamankan komputer anda.
  • Pastikan bahwa versi sistem operasi dan perangkat lunak lainnya ialah yang terkini.
  • Pastikan bahwa anda hanya men-download file dari website yang aman dan scan file-file yang berasal dari Internet sebelum digunakan.
  • Scan USB flash disk yang anda pakai sebelum digunakan
  • Kenali proses bertransaksi di Internet yang biasa anda lakukan. KeyBCA hanya digunakan untuk acara tertentu. Jika anda diminta response KeyBCA di luar proses yang biasa , segera laporakan ke Halo BCA di telepon 1500888.

Tips Bertransaksi Aman di BCA mobile
Untuk menjaga keamanan Anda dalam bertransaksi BCA mobile :

Pastikan Anda men-download BCA mobile melalui situs resmi yang telah disediakan BCA , antara lain:
  • Masuk ke www.klikbca.com dan pilih menu “BCA mobile” atau masuk ke www.bca.co.id , pilih e-banking pada Produk & Layanan dan klik menu “BCA mobile” lalu pilih menu download. Anda akan eksklusif diarahkan untuk men-download BCA mobile.
  • Akses ke BlackBerry App World/Google Play Store (Android Market)/iPhone App Store (disesuaikan dengan jenis smartphone nasabah) , lalu cari aplikasi BCA mobile dan download.
  • Langsung susukan ke https://downloadmbank.klikbca.com/mbca

Pilih jaringan nirkabel yang menggunakan kata kunci keamanan jaringan atau memiliki beberapa bentuk keamanan lainnya serta tidak disarankan menggunakan susukan Wi-Fi publik untuk melaksanakan transaksi melalui BCA mobile Anda , alasannya ialah kepastian keamanan susukan Wi-Fi publik / jaringan publik tidak terjamin.

Untuk transaksi menggunakan m-BCA:
  • Jaga kerahasiaan Kode Akses Anda sebagai pengaman susukan menu m-BCA
  • Jaga kerahasiaan PIN m-BCA Anda sebagai pengaman validasi transaksi
  • Pastikan bahwa Anda telah logout ketika final menggunakan m-BCA pada BCA mobile Anda meskipun hanya sesaat

Untuk transaksi menggunakan KlikBCA versi smartphone:
  • Periksa akta SSL untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan akta SSL yang sah yang telah terdaftar untuk m.klikbca.com
  • Pastikan bahwa pada browser Anda terdapat gambar gembok/kunci yang mengindikasikan bahwa halaman yang Anda susukan ketika ini dienkripsi dengan menggunakan SSL. Jika Anda tidak melihat gambar gembok/kunci , dimohon Anda untuk logout
  • Jaga kerahasiaan PIN Internet Banking Anda sebagai pengaman susukan KlikBCA
  • Jangan meminjamkan atau memindahtangankan KeyBCA Anda kepada orang lain
  • Pastikan bahwa Anda telah logout ketika final menggunakan KlikBCA Anda meskipun hanya sesaat

Mengganti Kode Akses , PIN m-BCA , PIN Internet Banking , dan PIN KeyBCA secara bersiklus dengan kombinasi angka/huruf yang unik dan sulit ditebak oleh orang lain

Waspadai upaya penipuan dari oknum yang mengatakan sebagai petugas bank/petugas BCA melalui telepon , faks atau email , yang menanyakan data pribadi , termasuk Kode Akses , PIN m-BCA , PIN Internet Banking dan PIN KeyBCA. Karena petugas BCA tidak akan meminta atau menanyakan hal tersebut

Apabila Anda mendapatkan pesan yang menjelaskan bahwa aplikasi/sertifikat/layanan tidak sah , dimohon Anda tidak melanjutkan susukan BCA mobile dan segera hubungi Halo BCA pada nomor 1500888.

Tips Bertransaksi Aman di ATM
  • Mengganti PIN ATM secara berkala
  • Jangan melayani pihak yang menyampaikan pertolongan di ruang ATM
  • Jangan meminjamkan kartu ATM dan memberitahukan PIN kepada orang lain (petugas bank tidak pernah meminta PIN dari nasabah)
  • Menutup tombol pinpad dengan tangan pada ketika memasukkan PIN ke ATM
  • Jika Anda mengalami kesulitan di ATM , hubungi segera Halo BCA pada nomor 1500888

Tips Bertransaksi Aman di EDC
  • Periksa nilai transaksi
  • Selalu ikuti eksistensi kartu
  • Tutup dengan tangan ketika input PIN
  • Mintalah kartu Paspor BCA Anda kembali
  • Jangan beritahukan PIN kepada orang lain termasuk petugas bank atau keluarga
  • Jika Anda mengalami kesulitan di EDC , hubungi segera Halo BCA pada nomor 1500888

Tips Mengamankan PIN
  • Tidak memberitahukan nomor PIN kepada siapapun , sekalipun kepada keluarga atau sobat dekat.
  • Hindari mencatat nomor PIN dimanapun apalagi menyimpannya di dalam dompet.
  • Mengusahakan orang lain tidak dapat melihat PIN Anda yaitu dengan menutup gerakan jari pada ketika Anda menekan tombol pinpad atau ketika memasukkan PIN Anda.
  • Mengganti PIN secara bersiklus dengan kombinasi angka yang unik dan sulit ditebak oleh orang lain.
  • Waspadai upaya penipuan dari oknum yang mengatakan sebagai petugas bank/petugas BCA melalui telepon , faks atau email , yang menanyakan data pribadi , termasuk nomor PIN. Karena petugas BCA tidak akan meminta atau menanyakan nomor PIN Anda.

Demikian goresan pena mengenai "Inilah Tips Keamanan Perbankan Versi Bank BCA" , semoga bermanfaat. Selalu Wspada. Salam Sukses , Salam Blogger. Yang Mahakuasa Memberkati.***

Sumber Original Artikel: http://www.bca.co.id/id/tips-keamanan/tips-keamanan.jsp


EmoticonEmoticon