Kamis, 03 Agustus 2017

Tutorial Membuat Scroll Pada Arsip Blog

RAFANI.NET | Tutorial Membuat Scroll Pada Arsip Blog | - Tutorial Membuat Scroll Pada Arsip Blog. Blog Archive atau Arsip Blog salah satu menawarkan berita yang ada di blog kita. Arsip Blog biasanya disediakan pribadi oleh blogspot. Bentuk arsip blog yang kita gunakan masih standar , sesuai bawaan dari blogspot itu sendiri. Semakin banyak kita memposting artikel maka arsip blog akan panjang ke bawah sehingga memakan daerah , dengan begitu tampilan blog kita pun jadi tidak rapi.

Tampilan Arsip Blog setelah diberi Scroll
Tutorial Membuat Scroll Pada Arsip Blog
Adalah salah satu cara untuk merapikan tampilan Arsip Blog pada blog. Karena tempatnya pribadi kita batasi sesuai dengan cita-cita kita. Adapun nama untuk membatasi daerah Arsip Blog itu ialah dengan membuat Scroll. Kali ini , akan membuatkan ihwal bagaimana Tutorial Membuat Scroll Pada Arsip Blog.

Beginilah Tutorial Membuat Scroll Pada Arsip Blog. (sebelumnya kawan blogger sudah mengaktifkan arsip blog pada blog kawan , jikalau belum aktif silahkan baca Memasang Widget Arsip Blog di Blogspot) , selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut :

1. Bukalah akun blog kawan sendiri.
2. Masuk kedalam Edit HTML pada rancangan template. (baca Mengenal Tampilan Blogger Terbaru)
3. Jangan lupa centanglah Centang Expand Widget Templates ,
4. Selanjutnya Cari arahan berikut <div id="ArchiveList"> atau ArchiveList (gunakan Ctrl + F) untuk pencarian lebih cepat.
5. Bila sudah ketemu , salinlah arahan di bawah ini sempurna di atas arahan <div id="ArchiveList">
<div style="border: 1px solid rgb(204 , 204 , 204); padding: 5px; overflow: auto; width: 100%; height: 200px; background-color: #FFFFFF;">
Lalu cari arahan <b:include name='quickedit'/> , jikalau sudah ketemu tambahkan arahan </div> sempurna di atas arahan <b:include name='quickedit'/>.

Bentuknya akan ibarat ini:
<div class='widget-content'>

<div style="border: 1px solid rgb(204 , 204 , 204); padding: 5px; overflow: auto; width: 100%; height: 200px; background-color: #FFFFFF;">

<div id='ArchiveList'>

<div expr:id='data:widget.instanceId + &quot;_ArchiveList&quot;'>
<b:if cond='data:style == &quot;HIERARCHY&quot;'>
<b:include data='data' name='interval'/>
</b:if>
<b:if cond='data:style == &quot;FLAT&quot;'>
<b:include data='data' name='flat'/>
</b:if>
<b:if cond='data:style == &quot;MENU&quot;'>
<b:include data='data' name='menu'/>
</b:if>
</div>
</div>

</div>

<b:include name='quickedit'/>
</div>
</b:includable>
6.Simpan template blog kawan.
7. Selesai. Dan lihat hasilnya.

Catatan :
Sesuaikan lah ukuran lebar (width) arsip blog misalnya angka 100% ganti dengan 300px atau sesuaikan dengan lebar widget dimana anda menempatkan Arsip Blog anda , demikian juga dengan tinggi (height) , sesuaikanlah dengan cita-cita anda. Demikian juga warnanya (#FFFFF) silahkan anda ganti jikalau menginkannya klik disini untuk memilih arahan warna.

Bagiamana dengan Tutorial Membuat Scroll Pada Arsip Blog? gampang bukan. Itulah Tutorial Membuat Scroll Pada Arsip Blog , selamat mencoba dan sukses selalu. Salam Blogger. [].


EmoticonEmoticon